Subscribe Us

Header Ads

Mengenal Ubi Serta Manfaat dan Nutrisi Bagi Manusia

 

Apa itu Ubi? Terus apa manfaatnya jika mengonsumsi Ubi? Yuk Mari Simak!

Ubi menjadi salah satu Sumber karbohidrat pada makanan yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi jagung dan singkong. Selain manis, ubi ternyata juga punya banyak nutrisi seperti menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata, sampai menurunkan kolesterol. 

Selain mudah didapatkan dan diolah, ubi jalar juga memiliki rasa manis yang membuatnya dapat dimakan tanpa tambahan lauk apapun.Apa saja manfaat ubi bagi manusia?

Kandungan nutrisi pada ubi 

Ubi memiliki akan kandungan antioksidan dan betakaroten, yang sangat efektif untuk meningkatkan kadar vitamin A dalam darah, terutama pada anak-anak.

Ubi juga kaya akan nutrisi, tinggi serat, serta sangat mengenyangkan. Ubi jalar dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, maupun digoreng. dan dapat ditemukan dalam berbagai warna seperti orange,  merah, merah muda, ungu, serta kuning. 

Manfaat ubi bagi kesehatan Manusia

1. Baik untuk sistem pencernaan

Serat yang terkandung di dalam ubi jalar memiliki banyak manfaat untuk sistem pencernaan.

Ubi jalar mengandung dua jenis serat, yakni serat larut dan tidak larut. Tubuh tidak dapat mencerna serat apapun. Oleh karena itu, serat tetap berada dalam saluran pencernaan dan memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk usus.

2.Meningkatkan fungsi otak pada anak

Mengonsumsi ubi jalar berwarna ungu dapat membantu meningkatkan fungsi otak terutama pada sang anak.

Tak hanya itu saja, diet buah-buahan, sayuran, serta antioksidan dikaitkan dengan risiko penurunan mental demensia sekitar 13 persen lebih rendah.

3. Menstabilkan gula pada manusia

Serat dan karbohidrat pada ubi yang memiliki fungsi jika dikonsumsi secara seimbang bisa membantu menjaga gula darah agar tetap stabil

4. Dapat menurutkan berat badan

Bagi yang sedangg melakukan penurunan berat badan, mengkonsumsi ubi adalah rekomendasi. Hal ini karena  dengan melihat kandungan zat gizi di dalamnya. Karbohidrat yang terkandung pada ubi jalar dapat dijadikan sebagai sumber energi.

5. Membantu kekebalan tubuh

Selain kaya akan betakaroten, ubi jalar juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C, B kompleks, besi, dan juga fosfor

Post a Comment

0 Comments