Subscribe Us

Header Ads

Pengertian Stored Program Concept Secara Menyeluruh Pada Program Komputer

 

Yuk Simak! Apa itu Stored Program Concept dan Urutanya?

Pada prinsipnya, komputer program yang tersimpan telah dirancang dengan berbagai karakteristik arsitektural. Komputer dengan arsitektur von Neumann menyimpan data program dan data instruksi dalam memori yang sama, sedangkan komputer dengan arsitektur Harvard memiliki memori terpisah untuk menyimpan program dan data.
Mereka menjalankan satu program terprogram. Karena tidak ada instruksi program, tidak diperlukan penyimpanan program. Komputer lain, meskipun dapat diprogram, menyimpan program mereka pada pita berlubang , yang secara fisik dimasukkan ke dalam sistem sesuai kebutuhan.

Pengertian Stored Program Concept
Stored Program Concept adalah instruksi dan data yang disimpan dalam tempat penyimpanan internal sebuah komputer. Instruksi dapat diolah lebih cepat dan mudah dimodifikasi. Konsep ini diperkenalkan oleh Jogn Von Neumann pada tahun 1945 dan merupakan yaciri yang paling penting dari komputer digital.

Urutan Stored Program Concept Pada Komputer
1. IBM SSEC , mulai beroperasi pada Januari 1948 tetapi bersifat elektromekanis. 
2. Pada bulan April 1948, modifikasi telah diselesaikan pada ENIAC untuk berfungsi sebagai komputer program yang disimpan, dengan program tersebut dalam tabel fungsinya (dengan mengatur dial pada tabel fungsinya, yang dapat menyimpan 3.600 digit desimal untuk instruksi.
3. ARC2 , mesin relai yang dikembangkan oleh Andrew Booth dan Kathleen Booth di Birkbeck, Universitas London , secara resmi online pada 12 Mei 1948. Mesin ini menampilkan perangkat penyimpanan drum berputar pertama. 
4. Manchester Baby , sebuah komputer elektronik penuh perkembangan yang berhasil menjalankan program tersimpan pada 21 Juni 1948. Kemudian dikembangkan menjadi Manchester Mark 1 , yang menjalankan program pertamanya pada awal April 1949.
5. Electronic Delay Storage Automatic Calculator , EDSAC, yang menjalankan program pertamanya pada 6 Mei 1949, dan menjadi komputer operasional skala penuh.
6. EDVAC , disusun pada bulan Juni 1945 dalam Draf Pertama Laporan tentang EDVAC , tetapi tidak disampaikan hingga Agustus 1949.
7. BINAC , dikirim ke pelanggan pada tanggal 22 Agustus 1949. Ini bekerja di pabrik tetapi ada ketidaksepakatan tentang apakah itu bekerja dengan memuaskan atau tidak setelah dikirim. Jika diselesaikan pada waktu yang diproyeksikan, itu akan menjadi komputer program tersimpan pertama di dunia. Itu adalah komputer program tersimpan pertama di AS 
8. ETL Mark III, yang mulai dikembangkan pada tahun 1954 dan selesai pada tahun 1956, adalah komputer transistor program tersimpan pertama. Itu dibuat oleh Laboratorium Elektroteknik Jepang. 

Post a Comment

0 Comments