Subscribe Us

Header Ads

Yuk Simak! Pengertian, Fungsi dan Jenis RAM dan ROM

Info-Mantapqu.com - Assalamu'alaikum pada kali ini mimin akan membahas apa itu RAM dan ROM? nah sebelum membahas masing-masing pengertianya,fungsi dsb, Mimin akan menjelaskan Persamaan Random Acces Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM) itu sebuah sistem memori di komputer hingga smartphone. jadi keduanya punya cara kerja dan fungsi berbeda, meski berstatus sama sebagai penyimpan data.



RAM 

1. Pengertian RAM 

Info-Mantapqu.com RAM (Random Access Memory) adalah  merupakan suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi ialah sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) serta  berbagai instruksi program.

Namun, RAM sering disebut dengan memori jangka pendek. Sebab, setelah kehilangan daya, semua data akan menghilang. Untuk menjalankan sistem operasi, ada batasan minimum dalam penggunaan RAM, seperti 1GB, 2GB, 4GB, dan lain sebagainya

2. Fungsi RAM

Seperti yang disebutkan pada pengertian RAM di atas, fungsi RAM secara umum ialah untuk membaca serta juga menyimpan data. Fungsi lainya dari RAM dapat membaca data dan sebagai penyimpan data sementara

3. Macam / Jenis RAM

  • Dynamic RAM merupakan jenis RAM yang disegarkan (refresh) oleh CPU (Central Processing Unit) itu dengan secara berkala supaya data yang terdapat di dalamnya tidak hilang.
  • SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memor) merupakan RAM lanjutan dari DRAM namun sudah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem. Umumnya SDRAM ini lebih cepat dibandingkan DRAM.
  • DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) disebut juga dengan DDR saja, merupakan jenis RAM dengan teknologi lanjut dan dari SD RAM. DDR RAM juga ini mempunyai generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan kemunkinan dikemudian hari akan terus berlanjut.
  • RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory) merupakan jenis RAM yang proses kerjanya itu lebih cepat serta juga umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM ini digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4.
  • S RAM (Static Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus ada penyegaran/ refresh dari CPU. Jenis RAM ini proses kerjanya juga lebih cepat dari D RAM serta SD RAM.
  • EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan OS Pentium. Jenis memori ini dapat melakukan suatu proses penyimpanan serta mengambil data dalam waktu bersamaan.

ROM 

1. Pengertian ROM

Info-Mantapqu.com ROM (Read Only Memory) adalah merupakan jenis memori atau tempat penyimpanan data di didalam perangkat komputer yang sifatnya itu permanen sehingga tidak mudah berubah atau  juga hilang meskipun komputer tiba-tiba mati.

Sementara ROM, memiliki kemampuan untuk menyimpan data secara permanen. Ketika sumber dayanya mati, ROM tidak akan kehilangan datanya, lantaran dijalankan dan ditopang oleh baterai kecil yang terpasang pada komputer.

2. Fungsi ROM

ROM ini berfungsi ialah untuk menyimpan firmware berupa perangkat lunak atau juga yang sering disebut software. Perangkat lunak yang biasa mengisi ROM ini misalnya yang berhubungan dengan perangkat keras seperti ROM BIOS (Basic Input Output System).

3. Macam / Jenis ROM

  • Stock ROM - Ini merupakan jenis ROM yang merupakan bawaan dari sistem operasi (dalam bentuk default) serta juga belum mendapatkan modifikasi. Stock ROM ini berisi fungsi sebagai tampilan yang masih standar pabrik serta belum banyak mengalami perubahan dari pengembang. Biasanya jenis ROM ini ditemukan pada perangkat Apple IOS serta Palm’s WebOS.
  • Custom ROM - Untuk jenis ROM satu ini sangat cocok untuk menyimpan data-data penting perusahaan disebabkan karna sifatnya yang dapat di customisasi atau juga dimodifikasi sendiri. Custom ROM ini memang sering digunakan oleh pengembang independen yang hobby didalam mengotak-atik perangkat komputer. Custom ROM ini dikembangkan dengan secara langsung dari Google beserta OS yang dimilikinya yang juga banyak dijiumpai pada perangkat Android.
  • Manufacturer atau Carrier Stock ROM - Jenis yang ketiga ini dapat juga disebut dengan sebutan Carrier Stock ROM yang mana sudah mendapatkan perubahan dari pabrik atau juga operator jaringan. Perubahan pada ROM seperti ini bertujuan untuk dapat memberikan penambahan custom pada aplikasi. Sehingga jenis ROM ini jarang ditemukan pada perangkat PC, serta  sebaliknya lebih sering diaplikasikan pada perangkat Android.

Perbedaan RAM dan ROM

Info-Mantapqu.com - Perbedaannya terletak pada sistem kerja dan fungsinya, RAM bekerja secara sementara dan membantu perangkat komputer lainnya dengan penyimpanan program berjalan secara sementara, sedangkan ROM bekerja secara permanen dan hanya dapat dibaca tanpa bisa diubah, dengan penyimpanan yang permanen dalam suatu perangkat.

Nah jadi demikianlah artikel mengenai Pengertian RAM dan ROM, begitu banyak jenisnya bukan, dan tentunya kita sudah mengetahui perbedaan, cara kerja, fungsi dan jenis dari perangkat keras komputer RAM dan ROM ini. Dari membaca artikel ini saya baru tahu ROM merupakan perangkat keras komputer. Bermanfaat sekali bukan, tentunya menambah wawasan. Sekian dulu sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

0 Comments