Subscribe Us

Header Ads

Apa Itu Rencana Bisnis? Mari kita Simak!



Apa Itu Business Plan? Apa sih Tujuan Bisnis Plan? dan Apa Manfaatnya?

Apakah kalian akan memulai bisnis anda? Sebaiknya kalian dari sekarang harus membuat Business Plan terlebih dahulu!
Sebelum untuk memulai sebuah bisnis tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Tanpa perencanaan, Anda tidak akan tahu ke mana arah bisnis karena menjalankannya tanpa tujuan yang jelas.

Rencana bisnis adalah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, serta alasan mengapa pendirinya yakin bahwa tujuan tersebut dapat dicapai, serta strategi atau rencana-rencana apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut (Source : Wikipedia)

Info-Mantapqu.com - Bisnis plan menurut mimin merupakan suatu pedoman yang menjabarkan rancangan manajemen bisnis dari awal terbentuk sampai nanti evaluasi dari bisnis yang berjalan tersebut.

Kenapa Business Plan Itu Penting?
1. Untuk Memikat Para Investor
Alasan pertama dapat memikat para Investor untuk menanamkan modal kepada anda mengingat modal yang ditanamkan pada sebuah bisnis tidak pernah dalam nominal yang kecil, tentunya seorang investor ingin mengenali seluk bisnis anda terlebih dahulu yaitu dengan cara mengetahui Bisnis Plan anda.

2. Memiliki Gambaran Kedepan
Alasan kedua dengan menerapkan bisnis plan kita bisa melihat pergerakan bisnis kita apakah berhasil ataupun kurang. Seperti contoh di tahun pertama kamu sudah menerapkan berapa pendapatan dan kenaikan bisnis kamu berapa persen lalu, nanti di tahun ke tiga berapa persen lagi keuntungan kamu dan di tahun ke lima apakah bisa kita expand atau tidak jadi semua ada gambarannya.

3. Merupakan Sarana Komunikasi Dengan Para Stakeholder
Alasan ketiga business plan dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang akan terlibat ketika bisnis Anda berjalan. Sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan tanpa adanya organisasi di dalamnya, supplier untuk memastikan produksi berjalan lancar, dan tentu saja penanaman modal.

Tujuan Dari Business Plan
Banyak dari kalian bertanya - tanya "Apa sih Tujuan dari Business Plan? dan bla...bla...bla..." dalam sebuah bisnis pasti memiliki sebuah rencana agar bisnis dapat berjalan dengan lancar dan berikut Tujuan dari Business Plan antara lain :
1. Memastikan rencana yang telah dibuat atau rencana yang telah diharapkan
2. Sebagai jalan untuk dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai
3. Alat untuk mencari laba dari pihak luar seperti investor ataupun bank
4. Untuk mengetahui tujuan dari perusahaan

Jenis - Jenis Business Plan
1. Development Business Plan
Development business plan adalah penjelasan utuh tentang pengembangan bisnis yang direncanakan. Di dalamnya terdapat kelengkapan tentang organisasi perusahaan, administrasi, dan pertanggungjawaban yang diemban oleh masing-masing pegawai. Maka dari itu, dokumen ini bisa digunakan untuk kebutuhan eksternal maupun internal.

2. Start-up business plan
Business plan jenis ini memberikan gambaran tentang perusahaan yang Anda dirikan. Start-Up Business Plan juga mengandung produk barang atau jasa yang akan Anda tawarkan, evaluasi pasar, evaluasi kompetitor, faktor-faktor risiko, tim pemasaran, dan juga sistem manajemen yang akan diberlakukan.

3. Strategic business plan 
Strategic business plan sedikit lebih kompleks daripada start-up atau general business plan. Di dalamnya, terdapat hal-hal yang lebih spesifik dalam menggambarkan tujuan atau objektif yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan.

4. Growth Business Plan
Growth Business Plan berisi deskripsi mendalam tentang perencanaan pengembangan usaha untuk ke depannya. Dokumen ini bisa digunakan untuk kebutuhan internal, atau pun eksternal guna mendapatkan suntikan modal.

Langkah-Langkah Melakukan Business Plan
Di dalam bisnis plan atau Rencana bisnis ada urutan atau langkah-langkah yang harus diperhatikan agar bisnis bisa tertarget dan tersusun dengan benar. ini langkah - langkah dari Business Plan antara lain : 
1. Mengenal Bisnis Yang Akan Dibuat
2. Menentukan Pasar
3. Membuat Rancangan Bisnis
4. Menentukan Visi
5. Membuat Bisnis Plan Secara Professional

Post a Comment

0 Comments