Subscribe Us

Header Ads

JANGAN PANIK! Mari Kita Simak Penyebab Dan Cara Memperbaiki Laptop Macet Atau Hang

 

Lagi Mengerjakan Tugas Laptop Nge Hang? Yuk Mari Simak! Penyebab dan Cara Mengatasi Lepi Hang

Info-Mantapqu.com - Perubahan Jaman dapat mempengaruhi gaya hidup terutama teknologi semakin canggih dan setiap tahunnya akan terus mengalami perubahan atau pembaruan.

Teknologi yang digunakan bermacam - macam terutama Smartphone dan Laptop. Kedua benda tersebut sangat dibutuhkan terutama bagi kalanagan pelajar dan kantoran. Namun di sisi lain walaupun teknologi semakin canggih pasti ada dampak yang harus kita atasi dalam menggunakan teknologi.

Pada kali ini dimana berhubungan dengan dampak teknologi yang harus kita kenali agar tidak menimbulkan rasa panik yang berlebihan yaitu Laptop Hang atau Macet itu masalah yang sepele sebelum bawa ke toko service. 

Yuk sebelum kita ke CARA MEMPERBAIKINYA alangkah baiknya kenali dulu Penyebab dari Hang agar ditidak terulang kembali!. Yuk Mari Simak Kenali Jenis Penyebabnya yang sudah mimin rangkum Sebagai Berikut.

Apa Sih Penyebab Laptop Hang atau Macet

1. Terlalu Banyak Software
Terlalu banyak software yang terpasang akan menyebabkan semakin banyak program dan service yang berjalan. jika terus di biarkan lambat tahun kinerja laptop akan semakin drop atau menurun sehingga akan lebih mudah lelah dalam melakukan tugasnya sehingga akan menimbulkan Macet atau Hang.

2. Kapasitas RAM
Pada pembahasan kedua ini berhubungan dengan RAM, jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada satu waktu apalagi kapasitas memori yang terlalu minim sangat berpengaruh terjadinya Hang atau Macet.

3. Kekurangan Memori
Sama seperti pembahasan sebelumnya Memori juga berpengaruh terhadap kinerja Laptop dan sangat berisisko Hang atau Macet

4. Temporary File Penuh
File temporary yang terlalu banyak ini juga bisa menyebabkan laptop hang atau crash secara mendadak. Hal ini dipicu karena sebelumnya kita melakukan berbagai aktifitas multitasking dan historynya tersimpan pada file temporary. Baik itu dalam hal instal dan uninstal, menghapus dan memindahkan, dan berbagai hal lainnnya.

5. Tidak Melakukan Windows Update
Tidak melakukan pembaruan windows juga sangat berpengaruh karena pada pasalnya memperbarui dapat menambah fitur - fitur terbaru di windows kita.

Cara Memperbaiki Laptop Hang
1. Berhentikan Software Di Task Manager 
Untuk masalah ini cukup tekan tombol CTRL + ALT + Del atau Tombol CTRL + SHIFT + ESC akan menuju ke Task Manajer dan segeralah berhentikan Software tersebut atau sedang berjalan. Hang ini terjadi pada saat Main Game atau terlalu banyak berjalan aplikasi apalagi kapasitas RAM juga kecil

2. Shut Down secara Paksa
Untuk cara ini dengan menahan tombol power sampai laptop keadaan mati atau shutdown. Sebenarnya cara ini tidak efektif karena juga menyebabkan pemaksaan menutup semua kinerja akan mempengaruhi kinerja kedepanya.

Cara Mengatasi Jika Tejadi Lagi
1. Bersihkan Memori terutama pada Temporary File
2. Check Update Windows 
3. Check + Update Windows Defender atau Antivirus lainya untuk melindungi terhadap virus
4. Hapus Software yang tidak dibutuhkan
5. Upgrade RAM 






Post a Comment

0 Comments